Wednesday, June 13, 2012

HASIL SKRIPSI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN KONSENTRASI "TEKNOLOGI KINERJA" DARI TAHUN 2006-2011




Oleh:
Christian Immanuel
Nia Pravitasari
Rahma Dinta Kartika Dewi
Skripsi merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa untuk menyelesaikan studi akhirnya selama diperkuliahan pada tingkat Strata 1 (S1). Sebuah karya yang disusun secara sistematis berdasarkan serangkaian kegiatan yang dinamakan penelitian. Skripsi merupakan pemikiran yang diaplikasikan melalui kegiatan penelitian. Penelitian yang dilakukan dalam skripsi beragam, baik dilihat dari jenis, tujuan, metode, tempat, dsb. Penelitian tersebut digunakan baik untuk menghasilkan sebuah produk dengan berdasarkan teori dan konsep keilmuan yang telah dipelajari maupun utuk menguji kebenaran pada teori keilmuan yang telah dipelajari. Begitupula skripsi yang dilakukan mahasiswa Teknologi pendidikan. Ada beragam jenis penelitian yang dilakukan mahasiswa Teknologi pendidikan dalam proses pengerjaanskripsi.
Objek dan permasalahan yang diangkat menjadi topic skrispi disesuaikan dengan konsentrasi yang terdapat di jurusanTeknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Konsentrasi tersebut antara lain pengembangan media pembelajaran, teknologi kinerja manusia, dan pengembang system pembelajaran. Ketiga konsentrasi tersebut memiliki objek berbeda-beda. Konsentrasi pengembang media pembelajaran menekankan pada objek permasalahan yakni hubungan media pembelajaran atau manfaat media pembelajaran sebagai salah satu cara dalam memfasilitasi belajar individu dalam suatu organisasi. Konsentrasi teknologi kinerja manusia menekankan pada permasalahan kinerja individu dalam suatu organisasi dalam mencapai tujuan meningkatkan kinerja sedangkan konsentrasi pengembang system pembelajaran menekankan pada hubungan dan pengembangan konsep system pembelajaran dalam mencapai tujuan memfasilitasi belajar individu.
Lalu dilihat dari paradigmanya, dari ketujuh sampel yang saya ambil semuanya menggunakan paradigma pasca positivistik dikarenakan objek penelitiannya bukanlah sesuatu yang berkaitan dengan eksakta, jadi ada kebenaran yang mutlak. Penelitian-penelitian yang dilakukan lebih cenderung berpusat pada kinerja manusia, yang sifatnya tentu selalu berubah-ubah. Dilihat dari datanya, ada yang bersifat kualitatif dan ada juga yang kuantitatif. Hal ini tentu bergantung dari metode yang diterapkan peneliti kedalam penelitiannya. Sedangkan dilihat dari tujuannya, sangat beragam. Ada yang penerapan, pengembangan, dan juga evaluasi. Tapi dari tujuh sampel tersebut mayoritas fokusnya pada penerapan, karena mereka penelitiannya dilangsungkan dengan mengacu kepada suatu teori yang sudah ada sebelumnya.
No
Judul
Tahun
Nama  Peneliti
Rumusan Masalah
Jenis Penelitian
Alasan
1
Efektifitas Pelatihan Fundamental Electric System Di Trakindo Training Center
2011
Desi Sapari
Bagaimana Efektifitas Pelatihan Fundamental Electric System Di Trakindo Training Center ?
·  Pasca Positivistik
·  Penilaian
·  Tindakan
·  Deskriptif
·  Kualitatif
·  kepustakaan
Karena proses yang dilakukan untuk menentukan kebijakan terlebih dahulu mempertimbangkan nilai positif suatu program dan mempertimbangkan proses serta teknik yang telah digunakan untuk melakukan penilaian
2
Pengembangan key performance indikator untuk pengukuran kinerja supervisor pada divisi HR & GA koperasi astra internasional
2010
Mega annisa
Bagaimanakah Pengembangan key performance indikator untuk pengukuran kinerja supervisor pada divisi HR & GA koperasi astra internasional ?
·  Pasca Positivistik
·  Pengembangan
·  Terapan
·  Deskriptif
·  Kuantitatif
·  Lapangan
Pengembangan ini untuk menghasilkan prodak dari model pengembangan terhadap alat ukur kinerja.
3
Pengembangan program pelatihan kecerdasan interpersonal untuk anggota gerakan pramuka SMA negeri 13 (PRAGALAS)
2009
Nur Amrizal
Bagaimanakah mengembangkan program pelatuhan yang mampu meningkatkan kecerdasan interpersonal para anggota gerakan pramuka SMA negeri 13 (PRAGALAS) ?
·  Pasca Positivistik
·  Pengembangan
·  Tindakan
·  Deskriptif
·  Kualitatif
·  lapangan
Karena peneliyian yang dilakukan tidak ada data yang dijelaskan oleh angka dan sifat nya adalah mengembangkan suatu prodak.
4
Penerapan knowladge manajement pada PT PLN udiklat Jakarta
2011
Arif Fajar
Bagaimana penerapan knowledge management pada PT PLN Udiklat Jakarta?
·  Pasca Positivistik
·  Penelitian terapan
·  Deskriptif
·  Kuantitatif
·  Lapangan
Penelitian ini tidak melakukan manipulasi variabel, tidak menerapkan ... yang akan terjadi, biasanya menyangkut peristiwa yang sedang terjadi dan penelitian ini tidak diarahkan untuk menguji hipotesis.
5
Evaluasi program diklat teknis substansif spesialisasi (DTSS) Juru sita tahun 2011 pusdiklat bea cukai
2011
Chika Yunindra
Bagaimana Efektivitas program diklat teknik substansif spesialisasi DTSS juru sita tahun 2011 pusdiklat bea cukai?
·  Pasca Positivistik
·  Penilaian
·  Tindakan
·  Deskriptif
·  Kuantitatif
·  Lapangan
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui/mengukur hasil akhir dari program, produk atau kegiatan tertentu.
6
Evaluasi Program Pelatihan Bisnis Cemerlang (PBC) di PT Alwahida Marketing Internasional
2010
Destiarny Taruli Panjaitan
Sejauh mana keberhasilan program PBC?
·  Pasca Positivistik
·  Penelitian terapan
·  Deskriptif
·  Kuantitatif
·  Lapangan
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur gejala-gejala-gejala yang ada tanpa memperhitungkan hubungan antara variable.
Untuk menyelesaikan masalah daripada menguji hipotesis.
7
Penerapan Organisasi Belajar di Divisi Enterprise PT Telkom
2009
Siti Nurul Khair
Apakah organisasi belajar diterapkan di divisi enterprise PT Telkom?
·  Pasca positivistik
·  Penelitian terapan
·  Deskriptif
·  Kuantitatif
·  Lapangan
Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya.
Menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek yang diteliti secara tepat
 

3 comments: