Tuesday, March 06, 2012

Pemanfaatan Social Network Facebook untuk Memfasilitasi Pembelajaran bagi Mahasiswa Teknologi Pendidikan UNJ yang Mengikuti Mata Kuliah KSHP Semester 096


Oleh : Rahma Dintia Kartika Dewi
Teknologi Pendidikan UNJ 2009


Sejak awal kemunculannya, facebook dikembangkan di universitas dan sekolah menengah. Saat ini banyak sekali orang yang memiliki dan dapat mengakses facebook dengan mudah. Ditambah lagi saat ini alat komunikasi yang semakin canggih sehingga mengakses facebook dapat dilakukan dengan mudah dimana saja, oleh siapa saja, dan kapan saja. Facebook yang saat ini kita kenal ternyata ternyata juga dapat digunakan untuk memfasilitasi belajar. Sepertinya masih banyak orang yang belum menyadari bahwa facebook dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Masih banyak orang yang mengenal facebook hanya untuk mencari teman, untuk bisnis, atau hanya sekedar untuk melepas penat sejenak. Padahal facebook ternyata juga dapat digunakan untuk hal pembelajaran, yang mana dapat mendatangkan nilai manfaat yang lebih positif.



Di Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Teknologi Pendidikan, semester 096, tepatnya di mata kuliah KSHP (Kapita Selekta Hasil Penelitian) adalah mata kuliah yang pertama kali memanfaatkan facebook untuk berdiskusi, sharing, dan berinteraksi antara dosen dengan mahasiswanya. Hal tersebut pun disambut dengan baik oleh mahasiswa yang mengikut mata kuliah tersebut. Tetapi nyata nya tidak semua mahasiswa ikut berperan aktif untuk berdiskusi di facebook. Masih ada mahasiswa yang terlambat dan bahkan ada absen untuk mengomentari pertanyaan yang di post oleh dosen pengampu mata kuliah tersebut. Hal tersebut pun menjadi bahan yang sangat menarik untuk diteliti dan mencari tahu penyebab kenapa masih ada yang tidak aktif saat diskusi di facebook berlangsung. Apakah KSHP di FB hanya ngeganggu, ngerepotin, nyebelin, kagak mutu, dan membosankan?. Untuk mengetahui jawaban lebih lanjut tentang hal dapat ditemukan dalam pembahasan.



Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Pendekatan survei adalah salah satu pendekatan penelitian yang pada umumnya digunakan untuk pengumpulan data yang luas dan banyak. Survei dapat dilakukan secara pribadi ataupun kelompok. Jadi survei bukanlah hanya bermaksud mengetahui status gejala, tetapi juga bermaksud menentukan kesamaan status dengan cara membandingkannya dengan standar yang sudah dipilih atau ditentukan. Disamping itu juga, untuk membuktikan atau membenarkan suatu hipotesis. Responden mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, yang mengikuti mata kuliah KSHP semester 096 sebanyak 36 responden. Responden diberikan pertanyaan berupa essai lalu diminta untuk mengomentari pertanyaan tersebut.

B. HASIL.
1.
Tabulasi jumlah Mahasiswa yang merespon
tidak telat
26
telat
8
tidak jawab (bengong)
2






Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil survei yang telah dilakukan, dari 36 orang yang merespon 34 orang. Yang menjawab tidak telat : 26 orang, yang telat menjawab 8 orang dan tidak jawab 2 orang




2.
Opini yang diberikan mahasiswa tentang KSHP di Facebook
tetap diskusi
7
saling interaksi
8
sharing
11
Feedback langsung
11
Melatih kemampuan individu
6
memanfaatkan FB
15
DLL
14
tidak menjawab
2


 



Berdasarkan data dari hasil survei yang telah dilakukan bahwa banyak mahasiswa yang memberikan manfaat KSHP di Facebook.





3.
Saran dan Alasan yang diberikan Mahasiswa
Jangan ditutup
34
Atur waktu & Jadwal
6
Dll (masalah koneksi,dsb)
6
tidak jawab
2



 



 
Berdasarkan data dari hasil survei yang telah dilakukan, sebanyak 34 orang memberikan saran sebaiknya jangan di tutup, 12 diantaranya memberikan alasan, 6 orang memberikan saran tentang jadwal mengatur jadwal terlebih dahulu. 6 orang lainnya memberikan alasan mengapa tidak bisa terus update di group KSHP Non Reguler di Facebook.



Dilihat dari hasil data survei yang telah dilakukan banyak mahasiswa setuju dan memberikan respon positif, serta saran untuk memanfaatkan social network facebook untuk tempat saling diskusi, sharing, berinteraksi satu sama lain, mendapat feedback langsung dan melatih kemampuan individu untuk dapat mengemukakan pendapatnya. Selain memberkan pendapatnya beberapa mahasiswa juga memberikan saran untuk mengatur waktu, hari, jam , dan tanggal untuk diskusi di facebook. Dengan adanya waktu yang lebih teratur tersebut mereka dapat langsung mengomentari dan tidak akan ada lagi keterlambatan untuk berdiskusi, bahkan tidak ada lagi yang absen.
Dengan adanya saran tersebut, maka diharapkan dapat meminimalisir permasalahan-permasalahan yang terjadi sebelumnya. Karena ada beberapa mahasiswa yang mengalami permasalahan dengan koneksi internet dirumahnya sehingga tidak dapat terus.selalu update di facebook. Maka mereka berharap jikalau akan mengadakan diskusi group di facebook untuk mengatur jadwal terlebih dahulu sehinga mereka dapat lebih mempersiapkan diri sebelumnya. Hasil dari penelitian tersebut diharapkan dapat dijadikan masukan untuk kegiatan proses pembelajaran yang akan datang. Dan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat memecahkan permasalahan yang terjadi sehingga saat kembali berdiskusi nanti dengan waktu yang lebih terarah, semua peserta group mata kuliah KSHP non-reguler dapat mengikuti diskusi secara tepat waktu.


KESIMPULAN
Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh bahwa facebook ternyata juga dapat memberikan manfaatkan untuk proses pembelajaran. Dari hasil penelitian survei yang telah dilakukan dapat dijadikan evaluasi agar kualitas proses pembelajaran semakin baik sehingga permasalahan yang ada terselesaikan dan dapat menemukan solusi yang tepat. Maka kesimpulannya facebook sebenarnya dapat menjadi media pembelajaran yang menarik, mudah, dan menyenangkan. Melalui facebook dapat saling sharing, diskusi, dapat tetap saling berinteraksi satu sama lain, dan dapat langsung memberikan feedback.
Saran penulis sebaiknya tetap menggunakan dan memanfaatkan facebook untuk berdiskusi dengan jadwal yang lebih diatur terlebih dahulu sehingga peserta dapat stand by dan prepare. Karena pertemuan 3 sks dikelas dirasa kurang cukup untuk mata kuliah KSHP. Belajar pada saat ini dapat dilakukan dimana saja, oleh siapa saja, dan dapat mengunakan media apa saja.

Daftar Pustaka
Group Facebook KSHP Non-Reguler semester 096

No comments:

Post a Comment