Oleh
: Rahma Dintia Kartika Dewi
Teknologi
Pendidikan UNJ 2009
Sejak awal kemunculannya, facebook dikembangkan di universitas dan
sekolah menengah. Saat ini banyak sekali orang yang memiliki dan dapat
mengakses facebook dengan mudah. Ditambah lagi saat ini alat komunikasi yang
semakin canggih sehingga mengakses facebook dapat dilakukan dengan mudah dimana
saja, oleh siapa saja, dan kapan saja. Facebook yang saat ini kita kenal
ternyata ternyata juga dapat digunakan untuk memfasilitasi belajar. Sepertinya
masih banyak orang yang belum menyadari bahwa facebook dapat dimanfaatkan untuk
pembelajaran. Masih banyak orang yang mengenal facebook hanya untuk mencari
teman, untuk bisnis, atau hanya sekedar untuk melepas penat sejenak. Padahal
facebook ternyata juga dapat digunakan untuk hal pembelajaran, yang mana dapat
mendatangkan nilai manfaat yang lebih positif.
Di Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan
Teknologi Pendidikan, semester 096, tepatnya di mata kuliah KSHP (Kapita
Selekta Hasil Penelitian) adalah mata kuliah yang pertama kali memanfaatkan
facebook untuk berdiskusi, sharing, dan berinteraksi antara dosen dengan
mahasiswanya. Hal tersebut pun disambut dengan baik oleh mahasiswa yang
mengikut mata kuliah tersebut. Tetapi nyata nya tidak semua mahasiswa ikut
berperan aktif untuk berdiskusi di facebook. Masih ada mahasiswa yang terlambat
dan bahkan ada absen untuk mengomentari pertanyaan yang di post oleh dosen
pengampu mata kuliah tersebut. Hal tersebut pun menjadi bahan yang sangat
menarik untuk diteliti dan mencari tahu penyebab kenapa masih ada yang tidak
aktif saat diskusi di facebook berlangsung. Apakah KSHP di FB hanya ngeganggu, ngerepotin, nyebelin, kagak mutu, dan
membosankan?. Untuk mengetahui jawaban lebih lanjut tentang hal dapat ditemukan
dalam pembahasan.
Metode penelitian
yang digunakan adalah survei. Pendekatan survei adalah salah satu pendekatan
penelitian yang pada umumnya digunakan untuk pengumpulan data yang luas dan
banyak. Survei dapat dilakukan secara pribadi ataupun kelompok. Jadi survei
bukanlah hanya bermaksud mengetahui status gejala, tetapi juga bermaksud
menentukan kesamaan status dengan cara membandingkannya dengan standar yang
sudah dipilih atau ditentukan. Disamping itu juga, untuk membuktikan atau
membenarkan suatu hipotesis. Responden mahasiswa Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta, yang mengikuti mata kuliah KSHP semester 096
sebanyak 36 responden. Responden diberikan pertanyaan berupa essai lalu diminta
untuk mengomentari pertanyaan tersebut.
B. HASIL.
1.
Tabulasi
jumlah Mahasiswa yang merespon
|
|
tidak telat
|
26
|
telat
|
8
|
tidak jawab
(bengong)
|
2
|
Berdasarkan data yang diperoleh dari
hasil survei yang telah dilakukan, dari 36 orang yang merespon 34 orang. Yang
menjawab tidak telat : 26 orang, yang telat menjawab 8 orang dan tidak jawab 2
orang
2.
Opini yang
diberikan mahasiswa tentang KSHP di Facebook
|
|
tetap
diskusi
|
7
|
saling interaksi
|
8
|
sharing
|
11
|
Feedback
langsung
|
11
|
Melatih
kemampuan individu
|
6
|
memanfaatkan
FB
|
15
|
DLL
|
14
|
tidak
menjawab
|
2
|
Berdasarkan data dari hasil survei yang telah
dilakukan bahwa banyak mahasiswa yang memberikan manfaat KSHP di Facebook.
3.
Saran dan
Alasan yang diberikan Mahasiswa
|
|
Jangan
ditutup
|
34
|
Atur waktu
& Jadwal
|
6
|
Dll
(masalah koneksi,dsb)
|
6
|
tidak jawab
|
2
|
Dilihat dari hasil data survei yang
telah dilakukan banyak mahasiswa setuju dan memberikan respon positif, serta
saran untuk memanfaatkan social network facebook untuk tempat saling diskusi,
sharing, berinteraksi satu sama lain, mendapat feedback langsung dan melatih
kemampuan individu untuk dapat mengemukakan pendapatnya. Selain memberkan
pendapatnya beberapa mahasiswa juga memberikan saran untuk mengatur waktu,
hari, jam , dan tanggal untuk diskusi di facebook. Dengan adanya waktu yang
lebih teratur tersebut mereka dapat langsung mengomentari dan tidak akan ada
lagi keterlambatan untuk berdiskusi, bahkan tidak ada lagi yang absen.
Dengan adanya saran tersebut, maka
diharapkan dapat meminimalisir permasalahan-permasalahan yang terjadi
sebelumnya. Karena ada beberapa mahasiswa yang mengalami permasalahan dengan
koneksi internet dirumahnya sehingga tidak dapat terus.selalu update di
facebook. Maka mereka berharap jikalau akan mengadakan diskusi group di
facebook untuk mengatur jadwal terlebih dahulu sehinga mereka dapat lebih
mempersiapkan diri sebelumnya. Hasil dari penelitian tersebut diharapkan dapat
dijadikan masukan untuk kegiatan proses pembelajaran yang akan datang. Dan dari
hasil penelitian yang telah dilakukan dapat memecahkan permasalahan yang
terjadi sehingga saat kembali berdiskusi nanti dengan waktu yang lebih terarah,
semua peserta group mata kuliah KSHP non-reguler dapat mengikuti diskusi secara
tepat waktu.
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil data yang telah
diperoleh bahwa facebook ternyata juga dapat memberikan manfaatkan untuk proses
pembelajaran. Dari hasil penelitian survei yang telah dilakukan dapat dijadikan
evaluasi agar kualitas proses pembelajaran semakin baik sehingga permasalahan
yang ada terselesaikan dan dapat menemukan solusi yang tepat. Maka
kesimpulannya facebook sebenarnya dapat menjadi media pembelajaran yang
menarik, mudah, dan menyenangkan. Melalui facebook dapat saling sharing,
diskusi, dapat tetap saling berinteraksi satu sama lain, dan dapat langsung
memberikan feedback.
Saran penulis sebaiknya tetap
menggunakan dan memanfaatkan facebook untuk berdiskusi dengan jadwal yang lebih
diatur terlebih dahulu sehingga peserta dapat stand by dan prepare.
Karena pertemuan 3 sks dikelas dirasa kurang cukup untuk mata kuliah KSHP. Belajar
pada saat ini dapat dilakukan dimana saja, oleh siapa saja, dan dapat
mengunakan media apa saja.
Daftar Pustaka
Group Facebook KSHP Non-Reguler semester 096
No comments:
Post a Comment